Knowledge should be free for all. Everyone should have the rights to acquire knowledge.

ARCGIS OVERVIEW

ArcGIS Desktop merupakan kumpulan aplikasi SIG (Sistem Informasi Geografis) yang berbasis desktop dan digunakan untuk mengkopilasikan, menuliskan, menganalisis, men-sharing, memetakan, dan mempublikasikan informasi spasial. Framework ini terdiri dari ArcMap, ArcCatalog, ArcToolbox, ArcGlobe, ArcReader, dan ModelBuilder dengan beberapa tingkatan fungsionalnya; [1] ArcView terfokus pada fungsionalitas penggunaan, pemetaan dan analisis data yang komprehensif. [2] ArcEditor menambahkan fungsionalitas pembutan data dan editing unsur-unsur spasial lanjut. dan [3] ArcInfo merupakan perangkat lunak SIG desktop professional dengan fungsionalitas yang lengkap; termasuk tool geoprocessing-nya yang banyak. Pada bahasan dalam artikel kali ini akan banyak mengulas tentang penggunaan software processing menggunakan ArcView/ArcMap.

ArcView / ArcMap
ArcMap merupakan aplikasi sentral ArcGIS destop yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan yang berbasis peta dijital seperti halnya kartografis, analisis peta, dan editing. ArcMap merupaka aplikasi pembuat peta yang komprehensif. dalam operasinya, ArcMap menawarkan dua tipe map-view; view data geografis dan view layout . Pada tipe view pertama, ArcMap memfasilitasi penggunanya untuk bekerja dengan layers geografis untuk diberi simbol, dianalisis, dikompilasi ke dalam dataset SIG. Tipe view ini merupakan window dimana dataset (layer) dimunculkan dalam batas spasial yang ditentukan. Sementara itu, pada view kedua, ArcMap menyediakan fasilitas untuk bekerja dengan halaman peta yang berisi elemen-elemen peta (simbol, skala, legenda, simbol arah, dan peta referensi) yang juga dimunculkan di dalam tipe view data geografis. Hanya saja pada tipe view terakhir, ArcMap digunakan untuk menyusun peta dalam wujud halaman yang siap dicetak atau dipublikasikan.

Sumber : Tutorial ArcGIS oleh Edi Prahasta 2015
Share:

0 komentar:

Post a Comment

statistics

METODE PENGAMBILAN SAMPLE BAHAN GALIAN

          Bahan galian adalah unsur-unsur kimia, mineral, bijih, termasuk batu-batu mulia yang merupakan endapan. Dalam penggolongan bahan...