Knowledge should be free for all. Everyone should have the rights to acquire knowledge.

SISTEM KOORDINAT FOTO UDARA

Sistem Koordinat

Acuan dari sumbu-sumbu koordinat adalah tanda-tanda fidusial (fiducial marks). Fiducial mark berupa garis silang, noktah, ujung panah, atau gambar-gambar geometrik lain yang diproyeksikan secara optik, yang terletak pada sisi foto (setiap lembar foto terdapat tanda ini dengan jumlah 4 atau 8, tergantung jenis kamera yang digunakan. Fiducial mark merupakan acuan sumbu-sumbu koordinat (sumbu x dan sumbu y) dan pusat geometri foto udara. Sumbu x adalah garis pada foto yang terletak antara tanda-tanda fidusial sisi yang berhadapan hampir sejajar dengan arah terbang. Sumbu y adalah garis pada foto antara tanda-tanda fiducial sisi yang berhadapan dan tegak lurus sumbu x, yang hampir tegak lurus dengan garis/jalur terbang.

Pemberian tanda fiducial mark biasanya dilakukan dengan dua cara, yakni tanda fiducial tepi dan fiducial sudut. Sistem rujukan yang paling banyak digunakan untuk koordinat fotografik adalah sistem sumbu rektanguler yang ditentukan dengan cara menghubungkan tanda fiducial tepi yang berhadapan. Sumbu x merupakan garis yang menghubungkan fidusial tepi kanan dan kiri, pada umumnya sejajar dengan jalur terbang. Sumbu y positif bersudut 90 derajat terhadap jalur terbang dan mengarah berlawanan terhadap jarum jam. Titik perpotongan garis fidusial inilah yang menjadi dasar sistem koordinat atau disebut pusat kolimasi.

Tanda fiducial, titik dasar (principle point) dan
sumbu koordinat foto udara tunggal

Pada foto udara yang benar-benar vertikal, ketiga titik pusat yaitu titik prinsipal, titik nadir dan titik isosenter berimpit menjadi satu titik. Sehingga pada foto udara dapat dikatakan memiliki satu titik pusat foto dan atau memiliki tiga pusat foto itu semuanya benar.


Lokasi relatif Titik Prinsipal, Titik Nadir dan
 Isocenter

Titik prinsipal adalah titik tembus sumbu kamera pada foto udara dengan arah sumbu kamera tegak lurus terhadap daerah yang dipotret yang dianggap sebagai bidang datar. Titik prinsipal inilah yang merupakan titik potong antara dua garis yang ditarik dari pasangan tanda fidusial yang berhadapan. Titik prinsipal ini merupakan pusat geometri foto udara.

Titik Nadir adalah titik yang terletak tegak lurus (garis berat) dibawah pusat kamera pada saat pemotretan.

Isocenter ialah titik pada foto udara yang terletak ditengah garis antara titik prinsipal dan titik nadir. 

Sumber : Dasar-Dasar Fotogrametri Bambang Syaeful Hadi, M,SI. UNY 2007
                Fotogrametri dan Penginderaan Jauh Bambang S dan Tullus Subroto STPN 2014
        
Share:

0 komentar:

Post a Comment

statistics

METODE PENGAMBILAN SAMPLE BAHAN GALIAN

          Bahan galian adalah unsur-unsur kimia, mineral, bijih, termasuk batu-batu mulia yang merupakan endapan. Dalam penggolongan bahan...